AJK 2021, Menteri Johnny Apresiasi Jurnalis Tumbuhkan Optimisme dan Cerdaskan Masyarakat

0
Johnny Gerard Plate > Berita > AJK 2021, Menteri Johnny Apresiasi Jurnalis Tumbuhkan Optimisme dan Cerdaskan Masyarakat

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengapresiasi peran jurnalis di tanah air. Menurutnya, partisipasi aktif jurnalis penting dalam menyampaikan informasi untuk mencerdaskan masyarakat Indonesia. Bahkan, telah banyak membantu memberikan penjelasan dan melindungi masyarakat dari infodemi atau hoaks.  

“Melalui beragam produknya, jurnalis dapat membantu narasi-narasi yang akurat, menumbuhkan optimisme, dan mencerdaskan masyarakat Indonesia,” ujarnya dalam cara Puncak Anguerah Jurnalistik Kominfo 2021 yang diseleranggarakan di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (30/09/2021).

Mengingat arti penting peran jurnalis, Kementerian Kominfo tidak berhenti menyelenggarakan AJK sebagai kegiatan tahunan. Menurutnya, peran jurnalis dalam kolaborasi pentahelix nasional harus tetap digelorakan. 

“Oleh karenanya, Kementerian Kominfo kembali menyelenggarakan Anugerah Jurnalistik Kominfo 2021 dengan mengangkat tema “Indonesia Terkoneksi: Semakin Digital, Semakin Maju,” tandas Menteri Johnny.

Menkominfo menjelaskan pada AJK tahun 2020 lalu, Kementerian Kominfo telah mengajak serta para jurnalis di seluruh Indonesia untuk turut membangun narasi besar “Bangkit dari Pandemi Covid-19 Menuju Masyarakat Produktif”. 

Dalam pandangan Menteri Johnny, dampak pandemi yang dipotret dan didiseminasi dari perspektif jurnalis dinilai telah mendorong masyarakat tetap produktif di tengah krisis yang menyerang hampir semua sektor kehidupan. 

“Bahkan, selama pandemi Covid-19, masyarakat telah bermigrasi dari ruang fisik ke ruang digital, memanfaatkan berbagai platform digital untuk membangkitkan perekonomian bangsa,” paparnya.  

Menkominfo menyampaikan selamat dan apresiasi kepada ratusan jurnalis yang telah mengikuti kompetisi AJK 2021. Menurutnya, pengabdian para jurnalis juga erat kaitannya dengan kerja kemanusiaan.

“Selamat kepada para pemenang dan bagi yang belum mendapatkan penghargaan, jangan patah semangat, karena tugas jurnalistik adalah mengabdi pada kemanusiaan,” jelasnya.

Menurut Menteri Johnny, penghargaan terbesar seorang jurnalis adalah ketika karyanya bisa diterima dan menginspirasi masyarakat. Oleh karena itu, kompetisi AJK merupakan salah satu kegiatan tahunan Kementerian Kominfo yang mewadahi prestasi dan karya insan jurnalis.

“Sekali lagi, saya ucapkan selamat kepada para pemenang, dan saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang turut mendukung setiap upaya pencerdasan masyarakat melalui kerja jurnalistik,” jelasnya.

Transformasi Digital Nasional

Menkominfo menyatakan, tema AJK 2021 tahun ini merupakan representasi langsung dari lima arahan Presiden Joko Widodo terkait agenda percepatan transformasi digital nasional.  

“Yakni yang pertama perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital, kedua, penyiapan roadmap transformasi digital di sektor-sektor strategis, ketiga percepatan integrasi Pusat Data Nasional, keempat, penyiapan kebutuhan SDM digital, dan kelima menyiapkan hal-hal yang berkaitan dengan regulasi, skema pendanaan dan pembiayaan transformasi digital,” ujarnya.

Berkaitan dengan lima arahan tersebut, Kementerian Kominfo telah menyiapkan Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024, di mana difokuskan pada empat sektor strategis yang mencakup infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital. 

“Kementerian Kominfo juga telah menyiapkan rincian Program Prioritas dan Program Pendukung Kementerian Kominfo pada tahun 2022 nanti, di mana sebagai kelanjutan dari program tahun 2021 yang akan berfokus empat program prioritas,” jelas Menteri Johnny. 

Menurut Menkominfo, empat program prioritas tersebut mencakup (1) Percepatan Penyediaan Infrastruktur Telekomunikasi, (2) Penguatan Infrastruktur Digital Pemerintah, (3) Penguatan Tata Kelola Data, termasuk Arus Data Lintas Batas Negara, dan (4) Penguatan Komunikasi Publik, termasuk melalui platform digital.

“Mengingat pentingnya transformasi digital yang menyentuh semua sektor, kami terus menggelorakan Indonesia Terkoneksi: Semakin Digital, Semakin Maju pada setiap program dan kebijakan strategis,” tandasnya.

Selain diusung sebagai tema AJK 2021, semangat Indonesia Terkoneksi: Semakin Digital, Semakin Maju juga menjadi tema besar rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-20 Kementerian Kominfo, yang telah dilangsungkan puncak acaranya pada 28 September lalu. 

“Dua dekade lahirnya Kementerian Kominfo, tidak terlepas dari peran media sebagai mitra strategis dalam mengawal pembangunan bangsa,” tandas Menteri Johnny. 

Menkominfo menyatakan peran insan jurnalis dalam memberikan informasi terpercaya di tengah-tengah masyarakat juga mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan transformasi digital.

“Upaya pemerintah dalam melakukan transformasi digital akan semakin bermakna dengan kerja keras para jurnalis Indonesia untuk mewujudkan Indonesia Terkoneksi: Semakin Digital, Semakin Maju,” tuturnya.

Pemenang 5 Kategori

Dalam kompetisi AJK 2021, terdapat lima kategori lomba yang mencakup Liputan Media Online, Liputan Televisi, Liputan Media Cetak, Liputan Radio, dan Liputan Jurnalistik Foto. 

Melalui proses penilaian dan seleksi yang ketat para juri, maka total 843 karya dari 392 jurnalis, terpilih pemenang juara I, II dan III dari masing-masing kategori lomba sebagai berikut: 

Kategori Liputan Media Online Pemenang I Slamet Harmoko dari sampit.prokal.co, Pemenang II Bagus Supriadi dari Kompas.com, dan Pemenang III Andy Indrayanto dari Halloriau.com.

Kategori Liputan Televisi Pemenang I Cindy Dilapanga dari Kompas TV, Pemenang II Muhammad Nur Rohman dari Berita Satu News Channel, dan Pemenang III Ratu Annisaa Suryasumirat dan Akhe Mona WS dari Indosiar. 

Kategori Liputan Media Cetak Pemenang I Wilibrordus Megandika Wicaksono dari Harian Kompas, Pemenang II Ester Lince Napitupulu dari Harian Kompas, dan Pemenang III Robby Patria dari Tanjungpinang Pos. 

Liputan Radio Pemenang I Ardi dari RRI Merauke, Pemenang II H ikmat Raharjo Utomo dari RRI Denpasar, dan Pemenang III Saortua Marbun dan Eko Susanto dari IRadio FM Jakarta .

Liputan Jurnalistik Foto Pemenang I Hilman Fathurrahman W dari Tempo.co, Pemenang II Priyombodo dari Harian Kompas, dan Pemenang III Susanto dari Media Indonesia. 

Ketua Dewan Juri AJK 2021: Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo; Mira Tayyiba

Anggota Dewan Juri:

Liputan media cetak: Anggota Dewan Pers; Agus Sudibyo; Pemimpin Redaksi Investor Daily & Berita Satu; Primus Dorimulu, dan Staf Khusus Menkominfo Bidang Komunikasi Politik; Phillip Gobang.

Liputan Media Online: Pemimpin Redaksi kompas.com; Wisnu Nugroho, Penulis Buku, Presenter, Konsultan Media & Kreatif; Maman Suherman, dan Tenaga Ahli Menteri Kominfo; Lathifa Al Anshori.

Liputan televisi: Executive Producer & News Anchor Kompas TV; Aiman Witjaksono, News Production Manager Metro TV; dan Tenaga Ahli Menkominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa; Devie Rahmawati.

Liputan Radio: Direktur Pemberitaan RRI; Soleman Yusuf; Sekretaris Umum PRSSNI; Rafiq; dan Staf Khusus Menkominfo Bidang IKP, Transformasi Digital dan Hubungan Antar Lembaga; Rosarita Niken Widiastuti.

Foto Jurnalistik: Redaktur Antara Foto; Prasetyo Utomo, Fotografer Harian Kompas; Agus Susanto, dan Asisten Redaktur Multimedia Media Indonesia; Ramdani.

Acara Puncak AJK 2021 dilaksanakan secara hibrida, pemenang I, II, dan III serta pemenang 10 besar masing-masing kategori hadir secara virtual. 

Dalam acara itu, Menteri Johnny didampingi Sekretaris Jenderal Mira Tayyiba, Inspektur Jenderal Doddy Setiadi, Staf Ahli Menteri Bidang Hukum Henri Subiakto, dan Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Publik Philip Gobang.

Leave a Reply

My New Stories