Menteri Johnny: Post Truth Racunnya Demokrasi!

0
Johnny Gerard Plate > Ujaran Khas > Menteri Johnny: Post Truth Racunnya Demokrasi!

Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny G. Plate menilai segala bentuk kebohongan atau hoaks, hate speech hingga post truth merupakan suatu tantangan. Terlebih dalam proses demokratisasi di Indonesia.

Menteri Johnny mengibaratkan post truth sebagai racunnya demokrasi. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama secara bijak menghindari cara berpikir yang post truth.

“Kedewasaan kita ini yang perlu kita jaga. Tetapi ya, yang namanya post truth itu adalah racunnya demokrasi,” kata Jhonny dalam Konferensi Pers “Kemkominfo di Kabinet Indonesia Maju” di Ruang Serbaguna, Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Menteri Kominfo menjelaskan bahwa prinsip berdemokrasi di Indonesia adalah sebagai sarana sirkulasi dalam menghasilkan pemimpin nasional. Hal tersebut tentu melalui proses saluran pendapat yang berdasarkan pada konstitusi.

Berkaitan dengan pencegahan hoaks maupun post truth itu sendiri, lanjut Menteri Johnny, Kementerian Kominfo tentu mengambil peran penting didalamnya.

“Nah kalau ditanya, kementerian Kominfo pasti mengambil bagiannya bagaimana untuk mengatasi hoaks. Tapi (mengatasi) hoaks itu ada dua tahapan, hulu dan hilir,” jelasnya

Soal hulu dan hilir, Menteri Kominfo menjelaskan lebih lanjut sebagai tugas bersama bangsa Indonesia. “Hulu-nya yaitu yaitu perilaku, kecerdasan dan budi pekerti, itu tugas bersama-sama kita sebagai bangsa, hilir-nya yaa kejelasan dan tindakan,” lanjutnya

Menurut Menteri Johnny, pihaknya tentu  saja akan mengajak serta pimpinan kelompok keagamaan, kelompok masyarakat, kelompok tokoh-tokoh adat untuk bagaimana budi pekerti itu menjadi terdepan. 

Apapun yang kita buat untuk Indonesia ini, kalau budi pekertinya lemah, ya post truth  berjalan, hoaks akan berjalan, semua hate speech akan terus berjalan,” terangnya **

Leave a Reply

My New Stories